Login

HomeBeritaMENGENAL SI AKAR WANGI

MENGENAL SI AKAR WANGI

Pernah mendengar istilah “Akar Wangi”?.

Tumbuhan bernama latin Vetiveria zizanioides, syn. Andropogon zizanoides ini banyak dijumpai di pasaran dalam keadaan kering. Bagian yang memiliki nilai ekonomis (sama seperti namanya) adalah akar. Bau yang khas dan wangi membuat akar tanaman ini populer dijadikan pengharum, entah itu lemari atau ruangan. Ia digolongkan sebagai kerabat Poceae, dengan demikian ia masih bersepupu dengan serai dan juga padi. Di Indonesia, Akar Wangi juga cukup populer. Ia dikeringkan secara tradisional dan kemudian digunakan sebagai pewangi keris dan juga batik. Terkadang pula ia menjadi bagian dari ritual adat.

Klasifikasi Akar Wangi

Dalam dunia taksonomi, Akar Wangi diklasfikasikan sebagai beirkut :

  • Kerajaan: Plantae
  • Divisi: Magnoliophyta
  • Kelas: Liliopsida
  • Ordo: Poales
  • Famili: Poaceae
  • Genus: Vetiveria

  • Spesies: V. zizanoides

Dengan klasifikasi di atas, bisa diketahui bahwa tanaman ini memiliki tekstur yang lunak dan dilengkapi dengan ruas-ruas yang mengelilingi batangnya. Adapun bagian daunnya berbentuk pita, berwarna kelabu,tidak mengandung minyak dan mampu mencapai panjang sekitar 100 cm. Bagian bunga si Akar Wangi ini seperti padi. Terdapat duri berwarna putih. Bunganya muncul pada ujung batang dan berbentuk bulir. Adapun bagian akarnya dikategorikan sebagai akar serabut dengan warna kuning lembut dan aroma yang sedikit pekat. Perkembangbiakan Akar Wangi ini umumnya menggunakan sistem generatif yakni dengan biji, memecah akar, dan memisahkan anak rumpunnya.

akar wangiakar wang 11

   Tanaman Akar Wangi dan bentuk akarnya

Khasiat Si Akar Wangi

Berbicara soal khasiat, sesungguhnya tanaman ini tak hanya bermanfaat pada bagian akarnya. Daun dan batangnya pun bisa dimanfaatkan. Batang akar wangi ini bisa digunakan sebagai bahan baku kerajinan. Sementara itu daunnya bisa diolah menjadi minyak (selain bagian akarnya tentunya). Tanaman ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi sebab menjadi bahan baku pembuatan sabun mandi, kosmetik, parfum dan pewangi. Aroma menggoda dari Akar Wangi ini sesungguhnya berasal dari minyak atsiri yang melimpah pada akarnya.

Rumput akar wangi dapat digunakan untuk mengatasi erosi permukaan tanah/ penahan longsor di lereng-lereng pegunungan. akar dari tanaman akar wang ini mempunyai tinggi 1,5 m - 2 m mampu menembus hingga kedalaman 5,2 m. Bila ditanam di lereng-lereng keras atau berabtu, ujung-ujung akarnya mampu masuk dan menjadi semacam jangkar yang kuat, sehingga dapat mencegah erosi yang disebabkan oleh angin dan air. Bahkan batangnya yang kau dan keras dapat menahan aliran air, apalagi jika ditanam seperti pagar yang rapat.

IMG-20170127-WA001589Penurunan akar wangi

Tahun ini rencana pengembangan akar wangi berada di daerah barat sungai meliputi Kecamatan Grogol, Kecamatan Tarokan, Kecamatan Banyakan, Kecamatan Semen, Kecamatan Mojo dan di timur sungai berada di Kecamatan Kandangan.(ASA&FF)

 

 

 pariwisata
 BKP3
 dikpora-link
 DISHUB2
disnakertrans-link
hutbun
kpm-link
KPPT
lpse-link