Login

HomeBeritaDurian Semoyo, Alpukat Riga dan Duku Duri sebagai buah unggulan Kabupaten Kediri yang sudah bersertifikat resmi

Durian Semoyo, Alpukat Riga dan Duku Duri sebagai buah unggulan Kabupaten Kediri yang sudah bersertifikat resmi

     "Cinta Produk Indonesia" tidak hanya menjadi slogan namun harus diimplementasikan, salah satunya dengan mengkonsumsi buah lokal.

          Adalah fakta sampai saat ini pasar buah Indonesia masih dibanjiri oleh buah impor dari Thailand, Cina dan Australia. Kondisi ini harus segera diperbaiki agar komoditas buah dapat dijadikan sebagai komoditas andalan. Buah lokal harus didorong menjadi pilihan pertama bagi konsumen dalam negeri. Karena peluang itu memang ada. 

         Kab Kediri sebagai salah satu sentra buah tropis sudah melaunching produk unggulan daerah yang sudah didaftarkan di Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Tanaman Kementrian Pertanian.

Buah yang sudah mendapat sertifikat sebagai buah unggulan daerah Kabupaten Kediri antara lain:

  1. Alpukat Riga
  2. Durian Semoyo
  3. Duku Duri

       Varietas lokal ini memiliki keunggulan yang tidak kalah dari buah impor. Sebagai contoh untuk komoditas durian semoyo,memiliki keunggulan kompetitif yang tidak kalah dari varietas impor (Montong dan Chance).

       Begitupun dengan alpukat Riga yang telah dilepas sebagai varietas unggul daerah ternyata banyak yang memiliki karakter yang bisa menandingi varietas impor (Fuerte).Varietas-varietas tersebut memiliki daging buah berwarna kuning sampai kuning mentega, tebal, kurang/tidak berserat, pulen, kandungan gizi (asam lemak tak jenuh yang tinggi), penampilan buah menarik yang tidak kalah bila disandingkan dengan alpukat impor.

        Pertanyaannya adalah “Mengapa begitu banyaknya buah impor yang diperdagangkan di pasar modern, pasar tradisonal sampai pedagang kaki lima?”

1. Durian Semoyo

SEMOYOSEMOYO 1

2. Alpukat Riga

RIGARIGA 1RIGA2

3. Duku Duri

DURIDURI 1DURI2

 pariwisata
 BKP3
 dikpora-link
 DISHUB2
disnakertrans-link
hutbun
kpm-link
KPPT
lpse-link